Monday, June 2, 2014

Mengenal istilah istilah AdSense


Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Adsense merupakan media yang tepat bagi mereka yang ingin mendulang pundi pundi rupiah di dalamnya. namun hal ini tampaknya akan sangat sulit di jalankan bagi mereka yang umumnya baru saja mulai mengenal istilah AdSense itu sendiri. namun kali ini saya tidak akan lagi menjelaskan hal tersebut di karenakan keterbatasan listrik dan kuota paket internet (JustKiddBr😎). kali ini kita skip penjelasannya karena sebelumnya pun telah saya jabarkan mengenai "Apa itu AdSense" pada posting edisi sebelumnya.
baiklah, dalam hal ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan seputar "Istilah Istilah yang terdapat dalam AdSense" namun sebagian yang penting saja untuk kalian ketahui ketika kita sedang Bermain dalam dunia GoogleAdSense.
sebenarnya istilah tersebut merupakan informasi berupa analisa yang umumnya di berikan oleh google adsense untuk para Publisher nya. berkaitan dengan data pendapatan adsense yang sedang mereka kelola. saya kutip saat bertapa tujuh hari tujuh malam di kediaman "Eyang Google" dan dalam hal ini, saya akan membagikannya secara cuma cuma kepada anda.

Page RPM (revenue per thousands impressions) / RPM Laman 
  RPM Laman adalah Pendapatan per 1.000 laman yang berhasil tayang (RPM). menunjukkan estimasi pendapatan yang akan anda dapatkan untuk setiap 1.000 tayangan yang anda terima. dalam hal ini, RPM bukan berarti hasil akhir dari Pendapatan anda sebenarnya. namun, jumlah tersebut dihitung dengan membagi angka pada estimasi pendapatan dengan jumlah tampilan laman, atau kueri yang anda terima, kemudian dikalikan 1.000. dan jika di rumuskan maka akan seprti ini hasilnya.

       
           RPM Laman = (Estimasi Pendapatan/Jumlah tampilan laman)*1.000


 Jika estimasi pendapatan anda sebesar $0,25 dari 35 tampilan laman, maka nilai BPS (RPM) laman anda sama dengan ($0,25/35) * 1.000, atau $7,00.

➤ Impressions RPM (Ad Impressions) / RPM iklan
  RPM iklan adalah pendapatan per 1.000 iklan yang berhasil tayang. Definisinya pun tidaklah jauh berbeda dengan Page RPM, hanya saja dalam hal ini angka yang di dapat oleh Impressions RPM berasal dari banyaknya jumlah iklan yang berhasil di tayangkan. dan jika di rumuskan maka akan seprti ini hasilnya.
           
            RPM iklan = (Estimasi Pendapatan/Jumlah tampilan iklan)*1.000
  
Jika estimasi pendapatan anda sebesar $0,8 dari 80 tampilan iklan, maka nilai Impressions RPM laman anda sama dengan ($80/6000) * 1.000, atau $13,33.

➤ CPC (coast per click) / BPK (biaya per klik)
  CPC merupakan istilah umum yang akan kita temui dalam google adsense. CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh Adsvertiser (si pemasang iklan) untuk setiap klik pada iklannya. ketika setiap iklan adsense tersebut di klik oleh pengunjung pada setiap situs yang kita miliki, maka sebagai imbalan kita akan mendapatkan pundi pundi rupiah senilai dengan nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC yang kita terima maka akan semakin besar pula peluang kita mendulang pundi pundi rupiah dari iklan tersebut. namun perlu di garis bawahi, umumnya besaran nilai CPC pada sebuah iklan  berbeda antara satu sama lainnya. dalam hal ini Advertiser lah selaku penentu besaran dari nilai CPC tersebut. dan sebagian Advertiser mungkin bersedia membayar lebih per klik daripada Advertiser lainnya, tergantung pada konten apa yang mereka iklankan.

➤CTR (Click Through Rate) / RKT (rasio klik tayang)
  CTR  adalah informasi perbandingan dalam bentuk persentase dengan menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil.  
dan jika di rumuskan maka akan seprti ini hasilnya.

             CTR = (jumlah klik iklan/Jumlah iklan tayang)*100
  
sebagai contoh, jika iklan tampil sebanyak 3000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sebanyak 250 kali


                                                          (250/3000 x 100%) = 8%
. itu berarti dari 3000 iklan yang berhasil tayang, iklan tersebut mendapatkan klik pengunjung sebanyak 250 kali dan nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 8%.

dalam hal ini, nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi media referensi bagi google maupun Publishers untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan.

umumnya, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut.
namun jikal nilai CTR lebih dari 100% itu artinya terdapat indikasi tindakan klik tidak normal.
dalam hal ini kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali.

kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%.
jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah BANNED pada akun AdSense kita. jika kita tidak menginginkan itu terjadi maka gunakanlah dengan bijak sesuai dengan aturan main Google AdSense

➤  Estimated Earnings / Taksiran Pendapatan
Estimated Earnings adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh dari iklan adsense yang kita pasang. sedangkan nilai estimated earnings itu sendiri di dapat dari hasil kali antara Jumlah click dengan CPC. dan jika di rumuskan maka akan seprti ini hasilnya.
            Estimated Earning = (jumlah klik iklan*biaya per klik)
 itu berarti semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula nilai estimated earnings yang akan kita peroleh. sama halnya dengan semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita peroleh.




sebenarnya ada banyak istilah yang perlu kalian ketahui ketika sedang mengelola AdSense, namun demikian hanya beberapa saja istilah yang penting untuk kalian ketahui. semoga bermanfaat dan dan dapat membantu kalian yang baru saja mengenal AdSense

Tuesday, May 27, 2014


                Gadis berdarah Aceh dan Bandung kelahiran 17 februari